Canva, Aplikasi Desain Sejuta Umat

Nama Canva sepertinya sudah tidak asing lagi di kalangan internet marketer maupun masyarakat umum.

Aplikasi desain grafis yang dapat diakses melalui web browser maupun mobile apps ini sudah ada sejak tahun 2012.

Kemunculan aplikasi desain berbasis cloud ini memudahkan siapa saja untuk membuat desain dengan mudah tanpa membutuhkan software desain yang mahal dan rumit penggunaannya.

Canva menyediakan berbagai tipe desain dengan resolusi tertentu yang dikelompokkan menjadi tujuh kategori yaitu media sosial, dokumen, personal, pendidikan, marketing, event, dan ads.

kategori desain canva
Kategori Desain Canva

Jenis – Jenis Template Desain Canva

Dalam kategori media sosial tersedia belasan tipe desain berbeda yang diperuntukkan untuk masing – masing jenis postingan di media sosial seperti Instagram Post, Instagram Story, Facebook Post, Pinterest Graphic dan jenis postingan media sosial lainnya.

Dalam kategori dokumen Anda dapat menemukan tipe desain untuk presentasi, kop surat, resume, invoice dan jenis dokumen lain.

Kategori personal berisi jenis – jenis desain yang dapat Anda gunakan untuk keperluan pribadi seperti kartu ucapan, kartu resep, daily planner, dan desain desktop wallpaper untuk dipasang di komputer Anda.

Kategori pendidikan memudahkan Anda untuk membuat desain jadwal pelajaran, buku tahunan, lembaran kerja hingga desain mind map untuk memudahkan proses belajar.

Dalam kategori marketing tersedia lebih dari 20 tipe desain yang terkait pemasaran seperti logo, poster, flyer, kartu nama, infografis, brosur produk, tiket, kupon, proposal bisnis, sampai grafis untuk dipasang pada slider website.

Jika Anda seorang event organizer, Anda dapat menggunakan desain dalam kategori event untuk membuat desain berbagai jenis undangan dengan mudah dan cepat.

Kategori terakhir, ads, menyediakan beberapa jenis desain untuk banner iklan, baik iklan di media sosial seperti Facebook Ads maupun banner iklan di website.

Setelah Anda memilih salah satu jenis desain, akan tampil kanvas kosong dengan ukuran sesuai desain yang dipilih.

Anda dapat langsung mengisi kanvas tersebut dengan template yang dapat Anda pilih dengan mengakses menu Templates di panel sebelah kiri.

Template Canva Untuk Instagram Story
Template Instagram Story

Tersedia puluhan bahkan ratusan template untuk masing – masing jenis desain.  Sebagian besar template tersebut gratis dan langsung dapat Anda edit sesuai dengan kebutuhan.

Selain template desain gratis tersedia juga template dengan gambar atau foto premium yang dapat Anda beli dengan harga $1 untuk sekali pakai. Jika Anda ingin menggunakan template desain tersebut berkali – kali Anda perlu membayar $10.

Jika Anda tidak ingin menggunakan template bawaan Canva dan ingin mendesain template Anda sendiri, Anda dapat menggunakan teks dan elemen – elemen grafis yang dapat diakses dari panel kiri.

Jika Anda ingin menggunakan foto atau gambar sendiri dalam desain Anda, tersedia menu untuk melakukan upload gambar.

Kelebihan Canva

Sebagai aplikasi desain grafis, Canva memiliki kelebihan – kelebihan sebagai berikut:

  • Memiliki tampilan antar muka yang intuitif sehingga mudah digunakan, bahkan oleh pengguna yang belum pernah menggunakan software desain grafis sebelumnya.
  • Memiliki ribuan template desain gratis yang tersedia untuk bermacam – macam kebutuhan.
  • Tidak membutuhkan instalasi di komputer Anda, karena merupakan aplikasi berbasis web / cloud.
  • Tersedia aplikasi mobile untuk Android maupun iPhone sehingga Anda tetap dapat membuat desain ketika jauh dari komputer Anda.

Kekurangan Canva

Selain kelebihan – kelebihan yang disebutkan sebelumnya, kami juga merasakan ada beberapa kekurangan, di antaranya:

  • Karena berbasis cloud, tentu saja Anda tidak dapat mengakses Canva jika tidak ada koneksi internet atau ketika sedang ada maintenance pada servernya.
  • Hanya tersedia fitur untuk melakukan export file hasil akhir berupa jpg, png, atau pdf. Sedangkan fitur untuk melakukan export file sumber (source file) tidak tersedia.
  • Jika Anda menggunakan versi gratis, Anda tidak dapat melakukan export file desain dengan background atau latar belakang yang transparan. Fitur background transparan hanya tersedia pada versi berbayar atau Canva for Work.
  • Fitur export desain dengan hasil berupa animasi GIF atau video hanya tersedia pada versi berbayar.
  • Dengan jumlah pengguna yang sudah sangat banyak, desain yang dihasilkan terkadang dapat dengan mudah dikenali karena banyak pengguna menggunakan template desain yang sama.

Demikian review Canva dari kami. Jika Anda belum pernah menggunakan Canva sebelumnya semoga artikel ini dapat membantu untuk mengevaluasi apakah aplikasi desain grafis ini cocok keperluan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *